Panen Grafis

| Posted in

headline2
DL: Januari 2010 Pengiriman karya dari seluruh Indonesia / Call for Entries dapat melalui perwakilan IGDA di roadshow*, online atau pos. Karya yang bisa diikutsertakan meliputi karya yang diciptakan sejak Januari 2005–Desember 2009.


Roadshow Panen Grafis IGDA: Desember 2009 – Februari 2010

Roadshow Panen Grafis IGDA diadakan dari bulan September 2009 sampai dengan Januari 2010 di tempat-tempat umum/public places dan di kampus-kampus di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya dan Bali.
nasihangat_roadshow4
Aktivitas
• Talkshow/workshop/seminar yang berkaitan dengan desain grafis
• Presentasi tentang IGDA (konsep dasar, syarat kepesertaan, program acara)
• Presentasi tentang Desain Grafis Indonesia (Indonesian heritage, museum, asosiasi, media, pendidikan)
• Klinik desain
• Kuis dan permainan berhadiah
• CALL FOR ENTRIES atau penerimaan karya. Karya-karya yang diterima dan diikusertakan meliputi karya-karya dari bulan Januari 2005 hingga Desember 2009.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Tempat Umum Road Show di Jakarta
Jakarta Barat:
Central Park / St. Moritz
Jakarta Pusat
Plaza Senayan
Grand Indonesia
Jakarta Selatan
Kemang/Pondok Indah
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Kampus dan Kandidat Pembicara
JAKARTA
UPH / Eric Widjaja : 21 Oktober
Ubinus / Hermawan Tanzil
Untar / Eka Sofyan
Usakti / Iwan Ahmett
IKJ / Sari Wulandari
UMB / Surianto Rustan
UBM / Mendiola BW
Interstudi / Ismiaji Cahyono
UI / Ray Bachtiar
UIEU / Yasser Rizky
Paramadina / Resita KJ
Digital Studio / Hagung Sihag
Cybermedia College / Nisaa PB
Binus International / Roslyn Wiria
Lasalle College / Danton Sihombing
BANDUNG
Pembicara: Hastjarjo Wibowo
ITB
Maranatha
Unikom
STDI
SEMARANG
Pembicara: Arief PSA
Unes
Unika
Udinus
Undip
YOGYAKARTA
Pembicara: Hastjarjo Wibowo
ISI Yogyakarta
Modern School
ADGI
SOLO
Pembicara: Danton Sihombing, Vera Rosana
UNS
ISI
MALANG
Pembicara: Iwul
UNM
SURABAYA
Pembicara: Hanny Kardinata
Petra
Unesa
ITS
Ciputra: 9 Oktober 2009
ADG: 9 Oktober 2009
MALANG
Pembicara: Ismiaji Cahyono
UNM
DENPASAR
Pembicara: Arief “Ayip” Budiman
ISI Denpasar: 3 Oktober 2009
New Media
ADGI
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Perwakilan Road Show IGDA di daerah-daerah penjuru Tanah Air

Bandung:
Riama Maslan
0816 4874431
fleur2ria@yahoo.com
dan Dodi Nursaiman
Semarang:
Adi Nugroho
dekave_0029@yahoo.com
0812 2124965
dan Sukriyadi Soekarton
Yogyakarta:
M Arief Budiman
0815 78700488
arief_009@yahoo.com
dan Hartono Karnadi
Surabaya:
Bing Fei
0812 3179010
bingv31@yahoo.com
dan Selvy Hermawan
Denpasar:
Arief “Ayip” Budiman
0817 9792323
ayip@matamera.com
dan Firman Firdaus
Medan:
Yenny Heriana
yennyheriana@yahoo.com
Makasar:
Mawardi Jafar


Panen Grafis 2009 – IGDA telah dimulai! Kirimkan karya-karya grafis terbaik Anda di ajang penghargaan desain grafis pertama yang bermartabat di Indonesia ini. Ajang penghargaan ini terbuka bagi profesional, akademisi dan mahasiswa di seluruh penjuru tanah air dan meliputi karya yang diciptakan sejak 2005 sampai 2009.
how_to_enter
Batas akhir penerimaan karya: 25 Februari 2010
Mari bersama kita ikuti program penghargaan kepada para petani desain grafis Indonesia yang paling bersahaja dan inspiratif: Indonesian Graphic Design Award 2009. Seluruh karya peserta akan diseleksi dan dinilai oleh permusyawaratan juri senior secara adil dan seimbang, untuk kemudian diberi penghargaan IGDA, ditampilkan dalam buku IGDA (karya yang masuk nominasi) dan diabadikan di Museum Desain Grafis Indonesia (MDGI), agar menjadi inspirasi bagi sesama petani desain grafis dan umumnya masyarakat Indonesia.
Cara pengiriman karya bisa dilihat di situs IGDA, bagian How to Enter.




About IGDA

IGDA / Indonesian Graphic Design Award
Adalah wujud penghargaan bermartabat bagi insan Desain Grafis Indonesia atas pencapaian kualitas karyanya yang diselenggarakan setiap tahun di Indonesia.
Ajang penghargaan IGDA 2009 adalah unik dan merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia.

Indonesian Graphic Design Award (IGDA) adalah Organisasi Non Profit (Not for Profit)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Latar Belakang dan Tujuan
Desain grafis sebagai bidang yang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari belum banyak disadari kehadirannya oleh masyarakat. Sementara karya-karya desain grafis anak negeri yang mendapat pengakuan internasional sudah tak terhitung jumlahnya, namun tidak ada dokumentasi terhadap pencapaiannya selama ini.
IGDA diselenggarakan agar tercipta suatu standar yang menjadi tolok ukur (benchmark) bagi kualitas desain grafis Indonesia – yang setiap tahunnya dinyatakan kepada publik nasional dan internasional – sehingga kelak eksistensi desain grafis Indonesia bisa diperhitungkan di dunia internasional. Selain itu secara sistematik diharapkan terjadi pendokumentasian karya-karya desain grafis Indonesia untuk kelak diwujudkan dalam bentuk Museum Desain Grafis Indonesia (MDGI) yang berfungsi sebagai pusat studi dan pengembangan desain grafis Indonesia.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Visi
IGDA (Indonesian Graphic Design Award) adalah wujud penghargaan bermartabat bagi desainer grafis Indonesia atas pencapaian kualitas karyanya – yang dipikulnya dengan penuh tanggung jawab – dan dinyatakan kepada publik secara nasional dan internasional, sebagai media memposisikan desain grafis Indonesia di peta desain grafis dunia yang diharapkan tercapai selambat-lambatnya pada tahun 2015.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Brand Positioning
Kerinduan kembali akan transformasi warisan lokal yang Indonesia miliki menjadi momentum IGDA. Semangat untuk memberi kehidupan kembali kepada desain lokal, mencari adaptasi, sinergi yang organik antara pengaruh luar dan warisan lokal; meneruskan tongkat estafet desain lokal pada generasi selanjutnya terasa lekat pada simbolisasi ilmu padi.
Apakah yang unik dan berharga dari Ilmu Padi? Ilmu Padi sering disalahartikan dan disimpulkan dangkal dengan sebatas sikap kerendahan hati. Kita telah melupakan bahwa padi juga berproses: ditanam (Sumber IDE), bertumbuh makin merunduk (PROSES DESAIN) untuk satu tujuan menghasilkan padi unggul yang siap dipanen (OUTPUT KARYA) dan dinikmati luas bagi komunitas lokal (BERKAT dan TANGGUNG JAWAB) menjadi santapan yang tak tergantikan!
Pada umumnya ajang penghargaan desain di dunia internasional sekedar fokus melayani kebutuhan, output trend industri dan komoditi. IGDA, lebih dari sekedar ajang penghargaan dan kompetisi pada umumnya, sesungguhnya menjadi cermin para petani desain untuk berintrospeksi kembali membumi, memberi kehidupan kembali kepada desain lokal! Karena terbukti, yang mampu bertahan dalam serbuan pasar global adalah petani desain yang mampu menghidupkan kembali inti-inti kebudayaan lama sebagai basis desain lokal untuk bersaing dan memiliki karakter di dunia internasional.




Judges

Nantikan nama-nama 30 Juri dan 30 Kurator terpilih yang akan mencurahkan waktu, dedikasi dan semangatnya untuk memilih karya-karya Desain Grafis Indonesia dari seluruh penjuru tanah air.


Categories

Ajang penghargaan desain grafis untuk pertama kalinya di Indonesia ini terbuka bagi profesional maupun mahasiswa dan meliputi karya yang diciptakan sejak Januari 2005 sampai Desember 2009. Selamat menabur ide, menanam karya dan menuai prestasi!
Tiga Kategori Utama yaitu:
Professional / Academic / Medals

I. PROFESSIONAL

Terbagi lima kategori:
  • Medium (dikelompokkan berdasarkan area dalam desain grafis),
  • Applied Graphics
  • Experimental
  • Heritage & Societal (Warisan budaya dan Sosial),
  • Scopa
I. A. Medium*
  1. Promotional & Advertising / Promosi & Iklan
    Desain grafis kegiatan promosi atau periklanan.
    Output:






    • Poster Advertising / Iklan Poster
    • Press Advertising (Magazine/Newspaper) / Iklan Koran & Majalah
    • TV Advertising / Iklan TV
    • Online Advertising / Iklan Online
    • Marketing & Promo Kit / Paket Marketing & Promo








  2. Brand & Identity System / Sistem Identitas & Brand
    Desain grafis terpadu untuk brand, sistem identitas korporat dan berbagai aplikasi lainnya.
    Output:






    • Logo
    • Identity System (Applications) / Sistem Identitas (Aplikasi)
    • Branding








  3. Information / Informasi
    Desain grafis komunikasi informasi / data pada lingkungan eksterior dan interior serta di media massa.
    Output:






    • Environmental / Lingkungan (Eksterior & Interior)
    • Informational Graphics/Statistical / Grafik Informasional / Statistikal








  4. Digital Interactive / Interaktif
    Desain grafis media komunikasi yang interaktif sehingga menghasilkan pengalaman informatif.
    Output:






    • Website
    • Multimedia Interaction / Interaksi Multimedia








  5. Corporate Communications / Komunikasi Perusahaan
    Desain grafis materi komunikasi dan pencitraan perusahaan.
    Output:






    • Company Profile / Profil Perusahaan
    • Annual Report / Laporan Keuangan
    • Brochures / Brosur








  6. Package
    Desain grafis kemasan produk.
    Output:






    • Packaging Design / Desain Kemasan








  7. Editorial & Publishing
    Desain grafis media komunikasi massa cetak dan buku.
    Output:






    • Newspaper Design / Desain Koran
    • Magazine Design / Desain Majalah
    • Book Design / Desain Buku








  8. Miscellaneous / Lain-lain
    Desain grafis media lainnya yang mendukung komunikasi antar pribadi atau mewakili perorangan.
    Output:






    • Card & Invitation / Kartu & Undangan
    • Self Promotion / Promosi Pribadi








I. B. Applied Graphics*
Penghargaan terhadap aplikasi keterampilan ilustrasi, fotografi, dan tipografi yang diolah dan diaplikasikan pada karya desain grafis.
  1. Illustration / Ilustrasi
  2. Photography / Fotografi
  3. Typographic / Tipografi






    • Typeface design / Desain huruf
    • Applied Type / Aplikasi huruf








I. C. Experimental / Eksperimental*
Penghargaan terhadap karya desain grafis yang merupakan sinergi dari konsep yang berani dan brilyan serta eksplorasi media yang inovatif, mendorong bahkan melampaui batasannya, atau memanfaatkan media baru yang tidak konvensional.
  1. Visual & Conceptual Innovations / Inovasi Visual & Konsep






    • Static / Statik
    • Motion / Gerak
    • Installation / Instalasi








I. D. Heritage & Societal / Warisan dan Sosial**
  1. Vernacular (Graphics by Non-designers) / Vernakular
    Penghargaan terhadap karya dari kegiatan budaya atau non-profesional yang menggunakan olahan desain grafis.
  2. Historical (Historical & Cultural Legacies) / Warisan Sejarah & Budaya
    Penghargaan terhadap peninggalan budaya dan sejarah yang menggunakan olahan desain grafis.
  3. Design for Sustainability (Social Campaign) / Desain untuk Keberlanjutan
    Penghargaan terhadap desain grafis untuk memberdayakan lingkungan dan komunitas sosial.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
II. ACADEMIC**
  1. Student Works / Karya Mahasiswa***
    Karya desain grafis dari tugas mahasiswa yang menonjol secara konsep, komunikasi, inovasi media, dan keterampilannya (craftsmanship).
  2. Graphic Design Writing & Research / Penulisan & Riset Mengenai Desain Grafis
    Karya tulis pada jurnal dan hasil riset yang penting untuk pemberdayaan desain grafis Indonesia.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
III. MEDALS**
  1. Legends (IGDA Hall of Legends) / Legenda
    Penghargaan terhadap desainer grafis senior yang telah berperan memberdayakan, mengembangkan, dan membangun profesi dan keilmuan desain grafis Indonesia di masa hidupnya.
  2. Epitome / Panutan
    Penghargaan terhadap desainer grafis yang lima tahun terakhir berperan memberdayakan, mengembangkan, dan membangun profesi dan keilmuan desain grafis Indonesia.
  3. Patronage / Kemitraan
    Penghargaan terhadap mitra kerja, klien, patron yang turut berperan memberdayakan, mengembangkan, dan membangun industri desain grafis Indonesia.
  4. Scopa / Craftsmanship Excellence in Surya Fancy / Keunggulan dalam Ketrampilan bersama Surya Fancy Penghargaan SCOPA (Surya Fancy) terhadap karya desain grafis yang memiliki keterampilan unggul dalam mengolah kertas Surya Fancy di dalam proyek atau tugas desain grafisnya.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
*Partisipasi lewat nominasi kuratorial dan Call for Entry, seleksi oleh tim juri
**Partisipasi lewat seleksi nominasi kuratorial, seleksi oleh tim juri
***Wajib menyertakan rekomendasi dosen yang membimbing proyek.


Prizes

Pemenang IGDA akan membawa pulang trofi tahunan IGDA selain dari hadiah utama. Trofi IGDA adalah unik karena dilahirkan untuk membawa semangat IGDA sebagai petani grafis yang akrab dengan siklus padi.
Trofi IGDA dirancang khusus oleh Desainer Produk Indonesia asal Temanggung — Singgih Susilo Kartono.


How to Enter

Ajang penghargaan desain grafis untuk pertama kalinya di Indonesia ini terbuka bagi profesional, akademisi maupun mahasiswa — Warga Negara Indonesia — dari seluruh penjuru tanah air dan mancanegara. Call for Entries 15 September 2009-25 Februari 2010
Nominasi / Penjurian 1-26 Maret 2010
Pameran 18-20 Mei 2010
Malam Penganugerahaan 20 Mei 2010
Persyaratan Karya
  1. Karya Profesional dan Akademik berwarga negara Indonesia (berdomisili di Indonesia atau di mancanegara).
  2. Karya sudah diwujudkan dan dipublikasikan antara Bulan Januari 2005 sampai Bulan Desember 2009 (masa lima tahun).
  3. Karya komprehensif, artinya sudah selesai, berwujud, pernah ditayangkan.
  4. Satu karya dapat didaftarkan di maksimum tiga pilihan nomer kategori penilaian. Saat ini terdapat 15 nomer pilihan kategori Profesional dan 2 pilihan kategori Akademik.
  5. Biaya pendaftaran karya (dihitung per nomer kategori):
Seluruh karya yang masuk akan melalui Tahapan Seleksi Karya dan penilaian oleh tim Kurator dan Dewan Juri IGDA.
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Harap mencermati informasi berikut agar membantu kelancaran proses:
  • Seluruh identifikasi karya berupa Judul Proyek, tidak diperkenankan mencantumkan nama, logo, cap, menggunakan kertas berkepala surat (letterhead) dan cara identifikasi lainnya, agar karya selalu bersifat anonim dalam proses seleksi dan penilaian juri. Peserta hanya mencantumkan nama pada Formulir Kepesertaan.
  • Contoh Judul Proyek: “Company Profile Bank Dagang: Bersatu” yang menjelaskan format/media karya, identitas klien dan bila perlu- mencantumkan judul konsep karya. Contoh lain: “Ilustrasi Buku Pelajaran SMP: Geografi”, “Brand Identity Indotel: Semangat Dunia”, “Kartu Undangan Sismoyo”, …
  • Karya Peserta harus dilengkapi versi File Digital (dapat berupa foto atau rekayasa foto dari artwork) yang akan dipakai dalam Proses Seleksi. File Digital direkam dan dikirimkan dalam bentuk CD. File digital tersebut harus berupa file dengan format JPG ukuran: lebar 1024 pixels X tinggi 768 pixels, 72 dpi, RGB (bukan CMYK). Nama file adalah Judul Proyek (boleh disingkat menjadi 4 huruf pertama), dengan tanda dash (-) sebagai pemisah kata dan menambahkan urutan pada akhir nama untuk serial/lebih dari satu gambar. Contoh nama file: comp-prof-bank-dagang-01.jpg
  • Karya Peserta harus dilengkapi karya asli berupa: KARYA CETAKAN: Poster, Press Ad, Brosur, Leaflet, Flyer, Kartu, Folder, dsb., dapat dikirim berupa hasil proof atau cetakan asli seperti apa adanya (jangan ditempelkan pada lembaran lain/mounted). Buku, Annual reports, Katalog, Corporate/Brand Identity Guidelines/Manual, dsb., dikirim dalam bentuk asli/binding. Untuk Poster, Packaging, Environmental: Displays atau Signage, dapat dikirim berupa File Digital. Karya Logo dan Desain Huruf/Type Design dicetak di tengah kertas ukuran A3 (lebar 420cm X tinggi 297cm). Logo dilengkapi informasi nama perusahaan/produk serta lingkup usaha/produk dibagian bawahnya. Desain Huruf diuraikan berbentuk set typeface dalam rangkaian alfabet selengkapnya. KARYA AUDIO VISUAL/DIGITAL: Karya bisa dikirim dalam bentuk DVD yang bisa dilihat pada DVD player umum. Karya serial dikirim dalam satu disc dengan menambahkan jeda 3 detik layar hitam di antara karya. Karya bisa berbentuk File Komputer dengan format QuickTime atau Flash, maksimum menggunakan resolusi 1024 x 768. Penamaan file mengikuti aturan File Digital, dibagian disc dituliskan Judul Karya dengan spidol permanen. KARYA PENULISAN: Karya tulis dapat dikirim berupa penggandaan/copy dari Laporan/Tesis aktual.
  • KARYA AKTUAL ATAU ASLI DAPAT DISUSUL APABILA MENDAFTAR SECARA ONLINE DENGAN MENCETAK STRUK / BUKTI PENDAFTARAN
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Tata cara Pembayaran Biaya Kepesertaan:
Biaya kepesertaan ditentukan berdasarkan keikutsertaan per kategori:
• Mahasiswa/Dosen full time Rp. 50.000
• Perorangan Rp. 100.000
• Perusahaan Rp. 200.000
Peserta yang mengikuti lebih dari satu kategori, dapat melakukan pembayaran secara sekaligus. Setor atau transfer ke rekening Panitia IGDA 2009:
BCA cabang Muwardi No. 268 400 7903
atas nama: Caroline F Sunarko

Biaya kepesertaan diadakan sebagai donasi dan pengembangan IGDA.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Paket Pengiriman Karya
Satu paket terdiri dari Formulir Kepesertaan (telah diisi lengkap), Karya Peserta (CD File Digital, dapat dilengkapi karya asli) dan satu fotokopi bukti setor/transfer Biaya Kepesertaan. Satu paket merupakan syarat kepesertaan untuk satu kategori, tuliskan Nomer dan Judul kategori yang dimaksud pada bagian depan paket.
Peserta boleh mengirim lebih dari satu paket kategori yang dikirimkan bersama dalam satu paket besar, tuliskan semua Nomer dan Judul kategori pada bagian depan paket besar tersebut. Bukti setor/transfer boleh untuk pembayaran seluruh kategori, gandakan/fotokopi sebanyak jumlah kategori dan lampirkan dalam tiap-tiap satu paket kategori.
Panitia berhak untuk merubah/menyesuaikan karya peserta yang tidak cocok dengan kategori yang dimaksud ke dalam kategori yang dinilai panitia lebih sesuai, atas persetujuan peserta. Panitia berhak merekomendasikan kepada peserta untuk mengurangi atau menambah jumlah kategori kepesertaan karyanya.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Alamat Pengiriman
Kirimkan paket karya ke:
Panitia IGDA 2009
Jl. Manggis 60 M. Kahfi I, Ciganjur
Jakarta Selatan 12630 Indonesia

Seluruh karya peserta harus sudah diterima panitia pada saat batas akhir penerimaan karya.
Batas akhir penerimaan karya: 25 Februari 2010
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Konfirmasi dan Administrasi Kepesertaan
Setelah karya diterima, panitia akan melakukan konfirmasi kepada peserta tentang kelengkapan keikutsertaannya dalam IGDA 2009. Panitia akan mengirimkan Sertifikat Penghargaan kepada peserta pada saat acara, atau sekurang-kurangnya satu bulan setelah acara Penganugerhaan Penghargaan.
Pertanyaan kepada panitia dapat dikirimkan ke: panitia@igda.web.id


Download Entry Form

Karya kelamaan disimpan nanti bulukan! Jangan tunda, kirimkan kreasi terbaik Anda di Panen Grafis IGDA 2009!
Formulir Kepesertaan diisi secara lengkap dan benar, dikirimkan dalam satu paket dengan Karya Peserta. Formulir Kepesertaan dapat diunduh/download di sini dan dapat digandakan/photo copy.
Formulir Kepesertaan Panen Grafis – IGDA 2009:
» IGDA_2009_Entry Form (PDF, 463.60 KB)